Resensi Buku: Alkitab Edisi Studi

Sampul depan

Lembaga Alkitab Indonesia. Alkitab Edisi Studi. Edisi Kedua. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2012. xx + 2100 halaman.

Seluruh Kitab Suci diilhamkan Allah dan bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran (2Tim. 3:16; TB2)

Pentingnya Alkitab tidak perlu diragukan lagi dalam kehidupan orang Kristen. Selain memberikan pedoman tentang bagaimana manusia bisa hidup dengan cara yang baik, di dalamnya juga tertulis apa yang menjadi kebutuhan terbesar manusia, yaitu keselamatan. Tidak heran, Alkitab telah setia menemani perjalanan kehidupan umat manusia selama ribuan tahun.

Namun demikian, tidak jarang kita menemui kesulitan dalam memahami firman Tuhan yang tertulis di dalamnya. Hal ini wajar terjadi karena Alkitab ditulis pada masa, budaya, bahasa, serta kondisi geografis yang berbeda dengan kita. Oleh sebab itulah, kita memerlukan alat bantu yang dapat memberikan panduan dalam memahami ayat-ayat Alkitab.

Informasi di dalamnya sangat bermanfaat dan menarik

Alkitab Edisi Studi merupakan salah satu panduan yang dapat menjawab kebutuhan tersebut. Dikemas dalam bentuk dan tata letak yang menarik, buku ini dapat dengan mudah menjadi bacaan kesukaan kita. Apalagi isinya yang sangat memberkati para pembacanya.

Setiap kitab dibuka dengan Pendahuluan dan Garis Besar. Ini sangat memudahkan kita untuk memahami keseluruhan kitab dan tema-tema terpenting di dalamnya secara cepat. Untuk setiap ayat yang memerlukan pembahasan, Tim Penulis memberi catatan pinggir, yang terdiri dari: Geografi; Manusia dan Suku Bangsa; Benda, Tumbuhan, dan Binatang; Sejarah dan Kebudayaan; Gagasan dan Konsep; serta Referensi Silang. Catatan pinggir tersebut sangat membantu kita untuk mengetahui konteks suatu ayat dan kaitannya dengan bagian lain di dalam Alkitab.

Selain itu, Alkitab Edisi Studi juga memuat berbagai informasi penting lainnya, yaitu: artikel dan artikel latar belakang, referensi silang, catatan kaki, bagan, peta, serta ilustrasi dan foto. Terdapat pula berbagai reproduksi lukisan, gambar, dan karya-karya seni dari berbagai kebudayaan. Selain sangat memperkaya kita akan wawasan Alkitab, materi-materi tersebut juga sangat menarik.

Materi lain yang menjadi keunggulan Alkitab Edisi Studi adalah tersedianya pertanyaan-pertanyaan pendalaman dan ayat-ayat emas. Bagian tersebut bisa digunakan oleh para pemimpin diskusi dan pembawa renungan untuk memperdalam pemahaman jemaat. Tentu saja, bagian tersebut juga sangat berguna bagi para pembaca untuk memperkaya kerohanian dan menggali penerapan firman Tuhan di dalam kehidupan mereka.

Walaupun mempunyai berbagai Study Bible dalam bahasa Inggris, penulis tetap merasakan manfaat dan keunggulan dalam memiliki Alkitab Edisi Studi ini. Banyak materi yang tidak terdapat di dalam Study Bible lain. Selain itu, materi yang dipaparkan dapat dengan mudah diajarkan pada berbagai kalangan jemaat dalam konteks Indonesia. Dengan demikian, buku ini sangat layak dimiliki oleh semua orang Kristen, terutama yang terlibat dalam pelayanan pewartaan firman Tuhan.

Keunggulan:

– Menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan mudah dimengerti.

– Tidak berpihak pada salah satu corak teologi tertentu.

– Informasi yang disajikan di dalamnya benar-benar bermanfaat dan berasal dari riset yang mendalam.

Cocok bagi:

Hamba Tuhan, pembawa renungan, pemimpin diskusi, dan semua kalangan orang Kristen yang ingin memperkaya pemahaman mereka akan Alkitab.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *