Ringkasan Kitab-Kitab dalam Alkitab

Bagi Anda yang ingin melihat secara ringkas apa saja garis besar isi Alkitab, tabel berikut kiranya bisa menjadi panduan.

Perjanjian Lama

Kitab-Kitab Taurat
Kitab Ayat/Kata Kunci Ringkasan
Kejadian “Pada mulanya…” (Kej. 1:1) Menceritakan penciptaan alam semesta, asal-usul umat manusia, asal mula dosa dan penderitaan di dunia, serta bagaimana Allah berhubungan dengan manusia. Selain itu juga diceritakan asal-usul nenek moyang bangsa Israel, meliputi Abraham, Ishak, dan Yakub.
Keluaran Kelepasan dari perbudakan (Kel. 18:9-10) Menceritakan keluarnya bangsa Israel dari perbudakan di Mesir. Allah juga mengadakan perjanjian dengan umat-Nya di gunung Sinai.
Imamat Kekudusan (Im. 11:44) Memaparkan peraturan-peraturan untuk ibadah, kurban-kurban, dan upacara-upacara yang harus dilakukan oleh bangsa Israel. Terdapat juga tuntunan bagi para imam yang bertanggung jawab atas pelaksanaannya.
Bilangan Pengembaraan di padang gurun (Bil. 32:13) Sejarah bangsa Israel sejak mereka meninggalkan gunung Sinai sampai tiba di perbatasan timur tanah Kanaan. Rentang waktunya sekitar empat puluh tahun. Nama Bilangan diambil dari peristiwa penting dalam kitab ini, yaitu sensus bangsa Israel.
Ulangan “Haruslah kamu…” (Ul. 11:31-32); Pengajaran bagi umat Allah Serangkaian ajaran dari Musa kepada bangsa Israel (generasi kedua, bukan orang tua mereka yang mengalami perbudakan di Mesir) waktu mereka berada di tanah Moab. Mereka berhenti di situ setelah mengakhiri perjalanan di padang gurun selama empat puluh tahun. Setelah ini, mereka akan masuk ke tanah Kanaan untuk mendudukinya.
Kitab-Kitab Sejarah
Kitab Ayat/Kata Kunci Ringkasan
Yosua Berhasil (Yos. 1:8); Pahlawan Tuhan yang gagah berani Kisah bangsa Israel ketika mereka merebut tanah Kanaan di bawah kepemimpinan Yosua (pengganti Musa).
Hakim-Hakim Terlepas (Hak. 1:2); Hamba-hamba yang terpilih pada masa sukar Menceritakan sejarah bangsa Israel sebelum berbentuk kerajaan. Pada masa itu, bangsa Israel dipimpin oleh para hakim (pemimpin militer). Masa hakim-hakim bisa disebut sebagai masa kegelapan bangsa Israel.
Rut Penebus (Rut. 4:14); Keluarga Allah dari segala bangsa Menceritakan kisah Rut, seorang wanita Moab yang menikah dengan seorang Israel. Dia sangat setia kepada ibu mertuanya dan kepada Allah Israel. Dari garis keturunannya, Raja Daud dan Mesias dilahirkan.
1 Samuel Raja Saul (1Sam. 11:15); Kualifikasi seorang raja Menceritakan sejarah bangsa Israel pada masa peralihan dari masa hakim-hakim ke masa kerajaan. Tokoh utamanya adalah: Nabi Samuel, Raja Saul, dan Raja Daud.
2 Samuel Raja Daud (2Sam. 2:4); Garis keturunan Daud Lanjutan dari kitab 1 Samuel. Menceritakan pemerintahan Raja Daud hingga menyatukan Israel dan Yehuda. Walaupun digambarkan sebagai seorang yang sangat beriman, taat, dan setia kepada Allah, Raja Daud tidak segan untuk bertindak kejam demi memenuhi keinginannya. Namun demikian, ketika dipaparkan dosa-dosanya oleh Nabi Natan, Raja Daud segera bertobat.
1 Raja-Raja Raja Salomo (1Raj. 1:30); Pecahnya kerajaan Israel Lanjutan dari kitab Samuel tentang sejarah pemerintahan raja-raja Israel. Sejarah tersebut dapat terbagi menjadi tiga bagian: 1) wafatnya Raja Daud dan pengangkatan Salomo untuk menggantikannya; 2) Pemerintahan Salomo dan usahanya membangun bait suci; 3) Pecahnya Israel menjadi kerajaan utara dan kerajaan selatan.
2 Raja-Raja Pembuangan ke Babel (2Raj. 24:15); Bencana bagi kedua kerajaan Lanjutan dari kitab 1 Raja-Raja. Kitab ini terdiri dari dua bagian: 1) sejarah kedua kerajaan sampai jatuhnya Samaria dan berakhirnya kerajaan utara; 2) sejarah kerajaan Yehuda, mulai dari jatuhnya kerajaan Israel sampai penghancuran Yerusalem oleh Nebukadnezar.
1 Tawarikh “Seluruh bangsa Israel…” (muncul 45 kali); Ulasan historis Israel Kitab 1 dan 2 Tawarikh sebagian besar berisi peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam kitab Samuel dan Raja-Raja. Maksud penulisan: 1) menunjukkan bahwa sekalipun kerajaan Israel dan Yehuda ditimpa kemalangan, Allah masih memegang janji-Nya; 2) menguraikan asal mula upacara ibadah di bait suci di Yerusalem. Kitab 1 Tawarikh menceritakan wafatnya Saul serta pemerintahan Raja Daud.
2 Tawarikh Rumah Tuhan (2Taw. 2:1); Pendahuluan sebelum terjadinya bencana bagi kedua kerajaan Lanjutan dari kitab 1 Tawarikh, mulai dari pemerintahan Salomo sampai wafatnya. Selain itu juga menceritakan pemberontakan suku-suku utara di bawah pimpinan Yerobeam melawan Raja Rehabeam. Kitab ini hanya menceritakan sejarah Yehuda sampai jatuhnya Yerusalem.
Ezra Allah semesta langit (Ezr. 1:2; 5:11-12; 6:9-10; 7:12, 23); Kembali dari pembuangan Lanjutan dari kitab Tawarikh. Menggambarkan keadaan bangsa Yahudi setelah masa pembuangan di Babel.
Nehemia “Ingatlah…” (Neh. 13:31); Pembangunan kembali tembok Yerusalem Tiga bagian dalam kitab ini: 1) perbaikan tembok Yerusalem di bawah pimpinan Nehemia; 2) pembacaan hukum Allah yang dilakukan Ezra dan pengakuan dosa umat Israel; 3) aktivitas lain yang dilakukan Nehemia sebagai gubernur Yehuda.
Ester “Pada saat yang seperti ini…” (Est. 4:14); Seorang ratu yang melayani Tuhan Menceritakan peristiwa-peristiwa yang terjadi di istana raja Persia. Tokoh utamanya adalah Ester, seorang wanita Yahudi yang layak disebut pahlawan. Dia menggagalkan rencana musuh untuk membinasakan orang-oang Yahudi.
Kitab-Kitab Puisi dan Hikmat
Kitab Ayat/Kata Kunci Ringkasan
Ayub Yang Mahakuasa (Ayb. 5:17); Kedaulatan Allah menyatakan diri-Nya dalam kemuliaan dan kuasa-Nya kepada Ayub. Jelas terlihat bahwa masalah utamanya bukanlah penderitaan Ayub (dan disebabkan karena dosa), melainkan kedaulatan Allah.
Mazmur “Pujilah Tuhan” (Mzm. 150); Ibadah Kelima buku dalam kitab Mazmur terentang sejak masa Musa hingga pascapembuangan, melingkupi segala emosi dan pengalaman manusia. Disusun sedemikian rupa sehingga cocok bagi pelayananan musik di bait Allah.
Amsal Hikmat (Ams. 1:2; muncul 54 kali) Amsal dirancang untuk memperlengkapi para pembaca dalam hikmat, pengertian, disiplin, dan kebijaksanaan. Pengembangan kemampuan dalam segala aspek kehidupan sangat ditekankan. Dengan itu, keindahan hidup dan kebenaran hidup akan menggantikan kebodohan dan kejahatan. Umat Tuhan bisa melakukannya asalkan bersandar pada Allah.
Pengkhotbah Kesia-siaan (Pkh. 1:2; muncul 35 kali) Pengkhotbah menerapkan daya pikir dan kemampuannya yang besar dalam pencarian akan makna dan tujuan hidup. Dia mendapati bahwa hikmat, kekayaan, pekerjaan, kesenangan, dan kekuasaan, semuanya mengarah pada kehampaan dan akan lenyap. Satu-satunya sumber dari makna dan pencapaian hidup yang sejati adalah Allah.
Kidung Agung “Kekasihku” (Kid. 2:3; muncul 28 kali); Cinta dalam pernikahan Kidung yang indah ini menggambarkan cinta yang mendalam antara Salomo dengan mempelai perempuannya, seorang perempuan Sulam. Kidung ini mengagungkan kebajikan kasih secara lahir dan batin dalam pernikahan.
Kitab-Kitab Nabi-Nabi Besar
Kitab Ayat/Kata Kunci Ringkasan
Yesaya Yang Mahakudus Allah Israel (Yes. 1:4; nama Allah yang khas dalam kitab Yesaya); Keselamatan adalah dari Tuhan Terdapat dua pesan ganda di dalam kitab ini: penghukuman (1-39) dan penghiburan (40-66). Memaparkan juga penghakiman Tuhan terhadap Yehuda, bangsa-bangsa di sekitarnya, serta dunia, diikuti oleh keselamatan dan pemulihan.
Yeremia “Firman Tuhan datang…” (Yer. 1:4); Saat terakhir Yehuda Memaparkan pernyataan penghakiman Tuhan yang pasti terhadap Yehuda. Tuhan berjanji untuk mendirikan kovenan (perjanjian) baru dengan umat-Nya.
Ratapan Kesedihan (Rat. 1:12); Ratapan Kelima puisi ratapan yang disusun secara terstruktur dan indah di dalam kitab ini adalah nyanyian penguburan untuk Yerusalem yang jatuh.
Yehezkiel Anak Manusia (Yeh. 2:1; muncul 107 kali); Pemulihan masa depan Menceritakan pelayanan kepada orang-orang Yahudi yang berada dalam pembuangan di Babel, baik pada masa sebelum maupun sesudah kejatuhan Yerusalem. Di dalamnya tertulis juga nasib para musuh Yehuda dan penglihatan apokaliptis terhadap masa depan Yehuda.
Daniel Mimpi dan penglihatan (Dan. 7:1); Program Allah kepada bangsa Israel Berisi kerangka rencana Allah bagi bangsa-bangsa non-Yahudi (pasal 2-7) dan menggambarkan Israel pada masa dominasi orang-orang non-Yahudi (pasal 8-12).
Kitab-Kitab Nabi-Nabi Kecil
Kitab Ayat/Kata Kunci Ringkasan
Hosea “Bukanlah umat-Ku…” (Hos. 1:9); Kasih Allah kepada Israel. Kisah Hosea dan istrinya yang tidak setia menggambarkan kesetiaan Allah dan kebejatan spiritual Israel.
Yoël Hari Tuhan (Yl. 1:15) Wabah belalang menggambarkan hari Tuhan yang akan lebih menakutkan dari itu. Allah meminta umat-Nya untuk bertobat supaya terhindar dari malapetaka yang akan segera muncul
Amos “Bersiaplah…” (Am. 4:12); Penghakiman atas Israel Dalam delapan pengumuman akan penghakiman, Amos menyatakan penghukuman atas bangsa-bangsa di sekitar Israel dan akhirnya penghukuman atas Israel. Dia mendaftarkan dosa-dosa Israel dan berseru supaya mereka bertobat.
Obaja Edom (Ob. 1:1); Penghakiman atas Edom Penghukuman terhadap bangsa Edom (keturunan Esau) karena mereka menolak untuk bersikap sebagai saudara kepada orang-orang Yehuda (keturunan Yakub).
Yunus “Atas penentuan Tuhan…” (Yun. 1:17; 4:6-8); Kebangkitan rohani di Niniwe Respons pertobatan orang-orang Niniwe terhadap pesan kenabian yang singkat dari Yunus menyebabkan Allah yang penuh kasih menyelamatkan kota.
Mikha “Dengarlah…” (Mi. 1:2; 3:1; 6:1); Penghakiman dan pemulihan Yehuda Walaupun ada penghukuman ilahi atas kebobrokan Israel dan Yehuda, kovenan (perjanjian) Tuhan dengan mereka akan digenapi dalam kerajaan Mesias yang akan datang.
Nahum Niniwe (Nah. 1:1); Penghakiman atas Niniwe Sekitar 140 tahun setelah pertobatan Niniwe di masa Yunus, Nahum meramalkan kehancuran kota itu karena penyembahan berhala dan kebrutalan yang dilakukan mereka.
Habakuk Berdiam diri (Hab. 2:20); Hidup oleh iman Setelah terusik atas rencana Allah menggunakan bangsa Babel sebagai tongkat penghukuman kepada Yehuda, Habakuk memuji Tuhan setelah memperoleh sudut pandang yang lebih baik terhadap kuasa dan rencana-Nya.
Zefanya Hari kemurkaan Tuhan (Zef. 2:3) Hari Tuhan yang mendekat adalah waktu penghukuman yang hebat diikuti dengan berkat yang besar. Yehuda tetap dihukum, tetapi Allah akan memulihkan keadaan para remnant (orang-orang sisa yang tetap percaya).
Hagai “Perhatikanlah…” (Hag. 1:5, 7; 2:15, 18); Pembangunan kembali bait suci Sekembali dari pembuangan di Babel, Hagai mendorong orang-orang Yahudi untuk memprioritaskan Tuhan dan menyelesaikan pembangunan bait suci yang telah mereka mulai supaya dapat menikmati berkat Tuhan.
Zakharia Tuhan semesta alam (Za. 4:6); Persiapan untuk Mesias Seperti Hagai, Zakharia mendorong orang-orang Yahudi untuk menyelesaikan pembangunan bait suci. Dia menghubungkannya dengan kedatangan Mesias dalam berbagai penglihatan dan nubuat mesianis.
Maleakhi “Utusan-Ku” (Mal. 3:1); Permohonan kepada orang-orang yang mundur rohaninya Keadaan rohani umat Tuhan sedang dingin dan Maleakhi menghardik mereka atas kompromi rohani dan sosial yang mereka lakukan. Jika mereka kembali kepada Allah dengan sepenuh hati, mereka akan diberkati.

Perjanjian Baru

Kitab-Kitab Injil
Kitab Ayat/Kata Kunci Ringkasan
Matius Raja (Mat. 2:2); Yesus adalah Mesias yang dijanjikan Kitab ini menyampaikan bahwa Yesus adalah Raja Penyelamat yang dijanjikan Allah dalam Perjanjian Lama. Kabar Baik ini bukan hanya bagi orang-orang Yahudi saja, tetapi juga orang-orang di seluruh dunia.
Markus Segera (Mrk. 1:12); Yesus adalah Hamba yang menderita Menampilkan Yesus sebagai seorang yang banyak bertindak dan berkarisma. Karismanya tampak dalam cara-Nya mengajar, dalam kuasa-Nya atas roh-roh jahat, dan dalam mengampuni dosa. Dalam kitab ini, perbuatan Yesus lebih ditekankan dibanding dengan perkataan-Nya.
Lukas Anak Manusia (Luk. 19:10); Yesus adalah Anak Manusia Menceritakan Yesus sebagai Raja Penyelamat untuk Israel dan untuk seluruh manusia. Yesus diberi tugas oleh Roh Kudus untuk menyampaikan Kabar Baik kepada orang-orang yang mempunyai berbagai kebutuhan.
Yohanes Percaya (muncul 96 kali, semuanya berbentuk kata kerja); Yesus adalah Anak Allah Yesus ditampilkan sebagai Firman yang kekal, telah menjadi manusia dan tinggal di antara kita. Kitab ini ditulis dengan maksud supaya para pembacanya percaya bahwa Yesuslah Raja Penyelamat yang dijanjikan (Yoh. 20:31).
Kitab Sejarah
Kitab Ayat/Kata Kunci Ringkasan
Kisah Rasul-Rasul Doa, saksi, Roh Kudus, gereja (Kis. 1:8, 14; 2:4, 47); Kristus membangun Gereja-Nya Merupakan lanjutan Kabar Baik yang disampaikan Lukas. Memaparkan bagaimana para pengikut Kristus (melalui pimpinan Roh Kudus) menyebarkan Kabar Baik di Yerusalem, di seluruh Yudea, di Samaria, dan sampai ke ujung bumi.
Surat-Surat Paulus Kepada Jemaat
Kitab Ayat/Kata Kunci Ringkasan
Roma Kebenaran Allah (Rm. 1:17) Memaparkan Kabar Baik dari penghukuman kepada pembenaran, pengudusan, serta pemuliaan (pasal 1-8). Memaparkan rencana Allah bagi orang-orang Yahudi dan non-Yahudi (pasal 9-11) dan nasihat-nasihat praktis bagi orang-orang percaya (pasal 12-16).
1 Korintus Hikmat (1Kor. 1:24); Koreksi terhadap kehidupan dalam daging Mengoreksi masalah perpecahan, imoralitas, tuntutan hukum, dan kesalahan dalam melaksanakan Perjamuan (pasal 1-6). Menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai pernikahan, daging persembahan berhala, ibadah, dan kebangkitan (pasal 7-16).
2 Korintus Penghiburan dan dorongan (2Kor. 1:3-4); Paulus membela pelayanannya Paulus membela karakter, panggilan, dan otoritas kerasulannya. Sebagian besar jemaat bertobat dari pemberontakannya kepada Paulus, tetapi ada sebagian kecil yang masih tetap memberontak.
Galatia Hukum Taurat (Gal. 2:16); Kemerdekaan dari hukum Taurat Menyanggah kekeliruan legalisme (patuh terhadap hukum Taurat, tetapi bukan berasal dari hati yang benar) yang menjerat jemaat Galatia. Memaparkan keunggulan anugerah dibanding hukum Taurat, dan mengagungkan hidup dalam kemerdekaan dibanding legalisme.
Efesus Tempat di surga (Ef. 2:6); Bangunan tubuh Kristus Memuji keadaan jemaat dalam Kristus (pasal 1-3) dan mendorong para pembacanya untuk menjaga hidup kerohanian yang berdasar pada kekayaan rohani mereka (pasal 4-6).
Filipi Sukacita (Flp. 2:2); Hidup adalah Kristus Paulus berbicara mengenai perkembangannya dalam pemenjaraan dan mendorong para pembaca untuk hidup dalam kesatuan, kerendahhatian, dan kesalehan.
Kolose Keutamaan Kristus (Kol. 1:18) Memaparkan keutamaan Kristus dalam penciptaan, penebusan, dan hubungannya dengan kehidupan. Orang-orang Kristen telah mendapatkan segalanya sehingga tidak memerlukan hal yang lain lagi.
1 Tesalonika Teladan (1Tes. 1:7); Kekudusan menyambut kedatangan Kristus yang kedua Paulus memerintahkan jemaat Tesalonika untuk bertahan dalam iman dan mengingatkan mereka akan motif dan perhatian Paulus terhadap kepentingan mereka. Paulus mendorong mereka untuk hidup suci dan mengajar mereka akan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali.
2 Tesalonika “Ia datang” (2Tes. 1:10); Memahami hari Tuhan Paulus mengoreksi pemahaman jemaat Tesalonika mengenai hari Tuhan. Paulus menjelaskan kejadian-kejadian luar biasa yang akan mendahului hari Tuhan itu dan mendorong para pembacanya untuk tetap bertekun.
Surat-Surat Paulus Kepada Perorangan
Kitab Ayat/Kata Kunci Ringkasan
1 Timotius Perkataan yang benar (1Tim. 1:15); Petunjuk kepemimpinan bagi gereja Paulus mengajari Timotius mengenai masalah guru-guru palsu, berdoa di hadapan umum, peran perempuan, serta syarat-syarat penatua dan diaken.
2 Timotius Ajaran/doktrin (muncul 4 kali); Kesetiaan dalam pelayanan Petunjuk untuk memperlengkapi dan memberi semangat pada Timotius supaya setia dan kokoh dalam menghadapi kesulitan dan peperangan rohani.
Titus Mengatur (Tit. 1:5); Petunjuk perilaku bagi gereja Memaparkan persyaratan bagi penatua dan menginstruksikan Titus untuk menuntaskan kewajibannya kepada berbagai macam kelompok yang ada di gereja.
Filemon Sangat berguna (Flm. 11); Pengampunan dalam perbudakan Paulus memohon kepada Filemon untuk mengampuni Onesimus dan menganggap dia bukan lagi sebagai budak melainkan saudara dalam Kristus.
Surat-Surat Umum
Kitab Ayat/Kata Kunci Ringkasan
Ibrani “Yang lebih baik” (muncul 11 kali); Keunggulan Kristus Memaparkan keunggulan pribadi, keimaman, dan kuasa Kristus dibanding semua orang yang mendahului-Nya untuk memberi semangat bagi para pembaca supaya mereka dewasa dan kokoh dalam iman.
Yakobus Ujian/pencobaan (Yak. 1:2-3); Iman dalam perbuatan Petunjuk praktis mengenai iman yang benar bagi para pembaca, orang-orang Yahudi-Kristen, untuk menerapkan iman mereka dalam perbuatan nyata.
1 Petrus Penderitaan (1Ptr. 2:20; muncul 12 kali); Menderita bagi Kristus Menghibur dan menguatkan orang-orang yang mengalami penganiayaan karena iman dalam Kristus. Mereka diberi semangat untuk mengembangkan ketundukan dalam memandang penganiayaan tersebut.
2 Petrus Ketahui, mengetahui, pengetahuan (muncul 6 kali); Bertahan melawan nabi-nabi palsu Menangani perlawanan internal dalam bentuk guru-guru palsu yang menjerat orang-orang percaya ke dalam kesalahan iman dan perilaku mereka. Memohon untuk bertumbuh dalam pengetahuan yang benar akan Kristus.
1 Yohanes Mengenal/mengetahui (muncul 32 kali); Persekutuan dengan Allah Mengeksplorasi dimensi-dimensi persekutuan antara orang-orang yang ditebus dengan Allah. Orang-orang percaya harus berjalan dalam terang-Nya, menyatakan kasih-Nya, dan hidup menetap di dalam-Nya.
2 Yohanes Kebenaran (muncul 4 kali); Menghindari persekutuan dengan guru-guru palsu Yohanes memerintahkan para pembaca untuk tetap bertekun dalam kebenaran ajaran rasul-rasul dan mengingatkan mereka untuk berjalan dalam kasih dan menghindari guru-guru palsu.
3 Yohanes Kasih dalam kebenaran (3Yoh. 1); Menikmati persekutuan dengan saudara seiman Yohanes berterima kasih kepada Gayus, yang telah mendukungnya untuk mengadakan perjalanan demi memberitakan kebenaran. Sikap Gayus ini sangat berlawanan dengan Diotrefes, yang menolaknya dan mengajak orang-orang untuk melakukan hal yang sama.
Yudas Berjuang demi iman (Yud. 3) Penjelasan mengenai guru-guru palsu serta bagaimana karakter dan perilaku mereka. Selain itu, juga memaparkan mengenai penghukuman yang akan mereka terima. Yudas memberi semangat kepada para pembaca untuk membangun diri mereka sendiri dalam kebenaran dan bertekun dalam iman.
Wahyu
Kitab Ayat/Kata Kunci Ringkasan
Wahyu “Aku melihat” (muncul 24 kali; dalam arti Yohanes mendapat penglihatan dari Allah); Wahyu tentang kedatangan Kristus Kristus yang telah dimuliakan memberi pesan kepada tujuh jemaat (pasal 1-3). Kitab ini juga memaparkan penglihatan mengenai penghukuman terhadap orang-orang yang memberontak kemudian diikuti dengan kedatangan-Nya yang kedua kali (pasal 4-19). Selanjutnya, diceritakan mengenai akhir zaman ditutup dengan gambaran mengenai langit dan bumi yang baru dan kemegahan Yerusalem yang baru (pasal 20-22).

(Diolah dari berbagai sumber, akan terus disempurnakan oleh penulis)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *