Ayat-Ayat Alkitab Tentang Dosa

Print Friendly, PDF & Email

Dosa. Setiap ajaran agama mengajarkan tentang fenomena ini. Namun demikian, terdapat perbedaan yang sangat besar antara konsep dosa yang diajarkan oleh agama lain dengan Alkitab. Misalnya, jika kita melihat dosa dari sudut pandang agama tertentu, maka kita baru dikatakan berdosa jika sudah mewujudkannya dalam tindakan. Kemudian, terdapat konsep bahwa dosa masih bisa dihapus dengan pengakuan dan perbuatan baik kita. Atau, terhapus dengan sendirinya jika orang yang kepadanya kita berbuat salah kemudian mengampuni kita.

Sebaliknya, Alkitab menyatakan bahwa ” dosa ialah pelanggaran hukum Allah” (1Yoh. 3:4). Jadi, dosa jauh lebih serius dibanding hanya merugikan sesama manusia. Oleh sebab itu, dosa tidak hanya bisa diampuni melalui cara-cara yang manusia pikirkan saja.

Mari renungkanlah beberapa ayat Alkitab tentang dosa supaya kita bisa memahami betapa seriusnya dosa dan betapa dosa itu melekat dalam setiap diri kita. Dengan begitu, kita baru akan bisa memahami mengapa Anak Allah yang harus menyelesaikannya. Sungguh anugerah yang luar biasa bagi kita, orang-orang yang percaya kepada-Nya!

  1. Sesungguhnya, di bumi tidak ada orang yang saleh: yang berbuat baik dan tak pernah berbuat dosa! (Pkh. 7:20)
  2. Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, (Rm. 3:23)
  3. Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah. (1Yoh. 3:4)
  4. barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu. (1Yoh. 3:8)
  5. Semua kejahatan adalah dosa, tetapi ada dosa yang tidak mendatangkan maut. (1Yoh. 5:17)
  6. Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa. (Yak. 4:17)
  7. Tetapi barangsiapa yang bimbang, kalau ia makan, ia telah dihukum, karena ia tidak melakukannya berdasarkan iman. Dan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman, adalah dosa. (Rm. 14:23)
  8. Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat. (Mat. 15:19)
  9. 14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.
    15 Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut. (Yak. 1:14-15)
  10. Sengat maut ialah dosa dan kuasa dosa ialah hukum Taurat. (1Kor. 15:56)
  11. Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu. (Ef. 5:11)
  12. Jalan orang fasik adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi siapa mengejar kebenaran, dikasihi-Nya. (Ams. 15:9)
  13. Ada keturunan yang menganggap dirinya tahir, tetapi belum dibasuh dari kotorannya sendiri. (Ams. 30:12)
  14. Tetapi nasihatilah seorang akan yang lain setiap hari, selama masih dapat dikatakan “hari ini,” supaya jangan ada di antara kamu yang menjadi tegar hatinya karena tipu daya dosa. (Ibr. 3:13)
  15. Kebenaran meninggikan derajat bangsa, tetapi dosa adalah noda bangsa. (Ams. 14:34)
  16. Sebab Aku tahu, bahwa perbuatanmu yang jahat banyak dan dosamu berjumlah besar, hai kamu yang menjadikan orang benar terjepit, yang menerima uang suap dan yang mengesampingkan orang miskin di pintu gerbang. (Am. 5:12)
  17. Engkau menaruh kesalahan kami di hadapan-Mu, dan dosa kami yang tersembunyi dalam cahaya wajah-Mu. (Mzm. 90:8)
  18. Dosa beberapa orang mencolok, seakan-akan mendahului mereka ke pengadilan, tetapi dosa beberapa orang lagi baru menjadi nyata kemudian. (1Tim. 5:24)
  19. Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita. (Ibr.12:1)
  20. Marilah, baiklah kita berperkara!  —  firman TUHAN  —  Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba. (Yes. 1:18)
  21. Bagaimana manusia benar di hadapan Allah, dan bagaimana orang yang dilahirkan perempuan itu bersih? (Ayb. 25:4)
  22. Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku. (Mzm. 51:7)
  23. Tetapi Kitab Suci telah mengurung segala sesuatu di bawah kekuasaan dosa, supaya oleh karena iman dalam Yesus Kristus janji itu diberikan kepada mereka yang percaya. (Gal. 3:22)
  24. Kepada dunia akan Kubalaskan kejahatannya, dan kepada orang-orang fasik kesalahan mereka; kesombongan orang-orang pemberani akan Kuhentikan, dan kecongkakan orang-orang yang gagah akan Kupatahkan. (Yes. 13:11)
  25. 10 Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya.
    11 Sebab Ia yang mengatakan: “Jangan berzinah,” Ia mengatakan juga: “Jangan membunuh”. Jadi jika kamu tidak berzinah tetapi membunuh, maka kamu menjadi pelanggar hukum juga. (Yak. 2:10-11)
  26. 30 Walaupun aku membasuh diriku dengan salju dan mencuci tanganku dengan sabun,
    31 namun Engkau akan membenamkan aku dalam lumpur, sehingga pakaianku merasa jijik terhadap aku. (Ayb. 9:30-31)
  27. 8 Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.
    9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.
    10Jika kita berkata, bahwa kita tidak ada berbuat dosa, maka kita membuat Dia menjadi pendusta dan firman-Nya tidak ada di dalam kita. (1Yoh. 1:8-10)
  28. Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa. (Yoh. 8:34)

Leave a Reply