Kaleidoskop Kristen 2020

Print Friendly, PDF & Email

Tahun 2020 telah kita lewati. Banyak suka dan duka yang dialami sepanjang tahun ini. Di tahun 2020, ada beberapa “berita besar” dalam dunia Kekristenan yang sayang untuk kita lewatkan sebagai bahan refleksi dalam menapaki tahun 2021 ini.

Apa saja berita itu? Yuk, kita cermati 7 berita terheboh dalam dunia Kekristenan di tahun 2020.

1. Gereja Ditutup Akibat Pandemi COVID-19 (April 2020).

Karena penyebaran virus Corona semakin meluas, gereja-gereja pun terkena dampaknya. Banyak gereja yang ditutup dan ibadah dilakukan secara online.

2. Kontroversi Akibat Pernyataan Pdt. Niko Njotorahardjo (April 2020).

Beberapa pendeta terlibat dalam selisih pendapat yang dipicu oleh pernyataan Pdt. Niko Njotorahardjo terkait pandemi COVID-19. dan ditanggapi oleh Pdt. Stephen Tong.

3. Persekusi Terhadap Keluarga yang Sedang Mengikuti Ibadah Online di Rumah (19 April 2020).

Terjadi persekusi yang dilakukan oleh ketua RT dan salah seorang tokoh agama terhadap keluarga yang sedang beribadah secara online di rumah mereka di Cikarang.

4. Pesawat Misi MAF Jatuh di Danau Sentani (12 Mei 2020).

Sumber gambar: manado.tribunnews.com

Sebuah pesawat dari lembaga misi MAF jatuh di Danau Sentani, Papua. Pesawat tersebut sedang membawa logistik (sembako) ke Tolikara. Kecelakaan ini menewaskan sang pilot, Joyce Lin.

5. Ravi Zacharias Meninggal (19 Mei 2020).

Sumber gambar: zachariastrust.org

Ravi Zacharias, seorang apologet yang sangat berpengaruh di dunia, meninggal dunia dalam usia 74. Dia melayani selama 40 tahun dan telah menerbitkan lebih dari 30 judul buku.

6. J.I. Packer Meninggal (17 Juli 2020).

Sumber gambar: livingchurch.org

J.I. Packer, seorang teolog Injili yang terkenal dengan bukunya, “Knowing God,” meninggal dunia dalam usia 93. Pelajarannya bagi Gereja: “Glorify Christ every way” (christianitytoday.com).

7. Kontroversi Akibat Pernyataan Paus Fransiskus Seputar LGBT (Oktober 2020).

Pernyataan Paus Fransiskus di sebuah film dokumenter “Francesco” yang mengatakan mendukung legalitas ikatan sipil sesama jenis mendapatkan sorotan seluruh dunia (kompas.com).

Tidak semua orang diberi kesempatan untuk masuk di tahun 2021 ini. Manfaatkanlah sebaik-baiknya bagi kemuliaan Tuhan!

21 Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. 22 Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. (Flp. 1:21-22a)

Bagikan artikel ini:

Leave a Reply