November 30, 2022

2 thoughts on “Ayat-Ayat Alkitab Tentang Kematian dan Penghiburan dalam Masa Kedukaan

  1. Dari seluruh referensi ayat diatas sepertinya tidak alasan bagi orang Kristen ketika menghadapi kematian. Namun kenapa selalu ada ucapan “Turut Berdukacita” Bukankah orang Kristen itu seharusnya berduka ketika ada orang yg menyangkal imannya kepada Tritunggal?

    1. Jika ada saudara seiman meninggal, kita boleh berduka, tetapi jangan kelewatan seolah-olah kita tidak memiliki janji hidup kekal.

      Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan. (1Tes. 4:13)

      Bagaimana jika orang yang meninggal bukan saudara seiman? Kita memang percaya, hanya melalui Kristus, manusia diselamatkan. Namun, tentu saja kita tetap harus berempati walaupun yang meninggal bukan saudara seiman. Alasan: 1) Kita tetap bersedih karena mengingat kebaikan-kebaikannya selama di dunia, dan persahabatannya dengan kita; 2) Kita harus jadi berkat bagi keluarganya, jangan malah menyakiti perasaan dengan mengungkapkan sesuatu tentang neraka; 3) Kita tidak tahu yang sebenarnya, mungkin saja detik-detik sebelum meninggal, dia percaya Kristus dalam hatinya.

Leave a Reply