September 27, 2022

5 thoughts on “Apa Itu Doa Yabes? (1Taw. 4:10)

  1. Dear admin,
    Adakah perbedaan antara “secukupnya” (Mat. 6:11) dan “berlimpah-limpah” (1Taw 4:10)?
    Saya melihat kata “berlimpah-limpah” itu yang ada hubungannya dengan teologi kemakmuran.
    Terimakasih.

    1. Menurut saya…. “Berkat berlimpah” bukan hanya berbicara tentang materi/harta, namun juga kesehatan, sukacita, damai, ….dll. Doanya memohon penyertaan Tuhan dan meminta menjauhkan dari kesakitan menunjukkan ketergantungan Yabes pada Allah dan ingin mematahkan kutuk “kesakitan” dalam arti namanya.

    2. Bisa baca di sini ya: https://studibiblika.id/2020/04/25/hidup-yang-berkelimpahan-apakah-itu-yoh-1010/. Saya tambahkan dalam artikel tersebut. Secukupnya dalam Mat. 6:11 berarti kita mengandalkan Tuhan hari demi hari, tidak fokus pada nafsu keserakahan. Tetapi, berkat Tuhan itu pasti selalu berlimpah kalau kita mengerti dan mengucap syukur. Sementara itu, dalam 1Taw. 4:10, itu konteks dalam Yabes saja. Pada masa PL, salah satu tanda diberkati Tuhan (walaupun tidak harus) adalah kekayaan, juga keturunan.

  2. orang percaya boleh mengamini doa yabes sebagai permohonan untuk hidup berkelimpahan secara materi, tapi tetap berserah kepada Tuhan Yesus

    1. Iya. Dan harus ingat: berserah berarti kalau Tuhan tidak mengabulkan, tetap puji Tuhan. Jika Tuhan mengabulkan, kelimpahan materi itu bukan digunakan untuk hawa nafsu tetapi untuk menjadi berkat bagi orang lain dan memuliakan Tuhan.

Leave a Reply